13 Hal Penting Sebelum Sewa Apartemen Di Jakarta!

13 Hal Penting Sebelum Sewa Apartemen Di Jakarta!

13 Hal Penting Sebelum Sewa Apartemen Di Jakarta - Photo by Expect Best from Pexels


Semakin berkembangnya pembangunan maka semakin sempitlah lahan yang ada di kota-kota besar, membuat apartemen menjadi pilihan utama hunian bagi banyak kalangan. Dengan kesibukan dan mobilitas yang tinggi, kini Anda tidak perlu lagi khawatir dalam memilih tempat tinggal karena telah banyak pilihan sewa apartemen di Jakarta. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami mulai dari cara sewa apartemen yang aman, tata cara sewa apartemen dan langkah sewa apartemen. Untuk itu pasarental akan membagikan 13 hal penting sebelum sewa apartemen di Jakarta.

  1. Akses, pernahkah Anda lihat apartemen tua atau gabung dengan mall seperti di film “The Raid” ? Coba bayangkan bila Anda tinggal disana, pesan makanan atau kirim paket pusingnya bagaimana? Kalau Anda saja yang tinggal Disana bingung arah, bagaimana abang ojek daring? Maka dari itu layout Apartemen yang sederhana adalah poin terpenting bagi Pasarental.

  2. Parkir, banyak juga apartemen hari ini yang tidak mengindahkan mengenai lahan parkirnya. Sehingga Jika Anda akan bekerja tiap pagi selalu Diawali dengan rutinitas dorong-dorong mobil. Setiap malam pulang Kerja justru stres karena tidak dapat parkiran dan memaksa nyempil dengan resiko baret yang tinggi. Pastikan juga tempat parkir bebas banjir. Solusinya Anda juga bisa mencari sewa parkir mobil terdekat.

  3. Toko terdekat. Biasanya tinggal di apartemen itu bawaan nya "mager". Jadi pastikan minimal Indomaret/alfa, penjual sayur, penjual galon & gas LPG, laundry, lokasi nya dekat. Kalau bisa Juga pastikan Anda punya kontak penjual galon, gas LPG, serta Laundry yang bisa antar langsung ke unit.

  4. IPL (service charge), pastikan biaya nya sudah termasuk biaya sewa unit atau belum. Kalau belum, pastikan biayanya tersebut utk 6 atau 3 bulan sekali.

  5. Furnished/Unfurnished/semi furnish, sesuaikan dengan rencana Anda sewa unit untuk sementara atau jangka panjang.

    a. Furnished sudah lengkap isi unitnya tinggal bawa baju. Biaya sewa paling mahal tp bisa bulanan. Biasanya untuk yang tinggal sementara dibawah 6 bulan.

    b. Unfurnished, unit kosong melompong. Anda harus beli lagi semua perabot & elektronik  seperti Gorden, AC, kitchen set, kasur, lemari, dll. Biaya sewa paling murah tapi harus langsung 1 tahun atau 6 bulan. Biasanya untuk yang sewa jangka panjang di atas 1 tahun. Namun sekarang Anda juga bisa sewa apartemen bulanan tanpa ribet.

    c. Semi furnished, unit semi kosong. Paling ada nya Gorden, kitchen set, atau AC. Sisa  perabotan lain beli sendiri. Biaya sewa di atas nya Unfurnished, tapi harus langsung 1 tahun atau 6 bulan. Bila Anda masih bingung antara sewa sementara atau jangka panjang. Unit seperti ini sekarang jarang banget, meski peminat nya banyak.

  6. Penitipan barang. Paket, makanan ojek daring, kalau bisa pastikan pihak reception mau menerima dulu. Kalau apartemen tersebut memiliki kebijakan yang mengharuskan pemilik ambil langsung saat barang datang Anda bakal repot luar biasa.

  7. Lift, perhatikan ada tidaknya access card di lift. Serta kecepatan lift dan antriannya. Jika Anda dapat apartemen dengan lift yg lambat, dijamin ga lama bakal pindah.

  8. Security, adakala nya Anda harus kasih tip, ramah, atau kasih makanan/jajanan biar di ingat. Jadi klo ada paket, bantu angkat barang, atau susah parkir mereka akan sigap membantu. 

  9. Lantai. Unit di lantai Bawah adalah pilihan terbaik. Kalau ada gempa atau kebakaran dimana lift mati, tidak jauh untuk turun pakai tangga darurat. Atau bila jemur baju di balkon tidak perlu khawatir baju beterbangan. Selain itu perhatikan view. Ini penting karena tidak peduli anda di lantai berapa, kalau hadap jalan raya dijamin berisik meskipun view nya bagus.

  10. Genset, coba tanya perihal genset apartemen dengan pengelola atau security nya. Ini penting, karena lift dan lampu butuh listrik. Pastikan genset nya apa juga mem back up sampai ke unit, atau hanya fasilitas umum saja.

  11. Engineer operasional. Cari info sebanyak-banyaknya ke sales nya atau ke pengelola langsung perihal kemampuan & kemudahaan menghubungi engineer nya. Biasanya kalau apartemen yg bagus, engineering nya gampang dihubungi dan kooperatif. Kadang bisa diminta tolong juga pasang water heater,dll.

  12. Internet infrastruktur. Pastikan provider internet yg tersedia di apartemen tersebut. Apartemen sangat tergantung sinyal, pastinya sangat membutuhkan akses internet yg bagus.

  13. Schedule. Tidak bisa sembarangan melakukan kegiatan keluar masuk barang atau renovasi seperti pasang AC, nge bor dinding, atau pasang internet di apartemen. Semua ada ketentuan waktu, tempat, sampai jenis kendaraan pengantar yg diperbolehkan masuk apartemen. Pastikan anda hafal jadwal2 nya, terutama saat membeli furniture yg diantar oleh penjualnya. Tidak menutup kemungkinan kadang Anda harus ambil cuti kerja untuk mengawasi pekerjaan ini.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih dan sewa apartemen di Jakarta.